Melasma Pada Wanita dan Cara Jitu Mengatasinya!

3 months ago in Workshop & Training

Melasma ditandai dengan munculnya bercak-bercak hiperpigmentasi pada kulit. Kondisi ini seringkali ditemui, namun sudahkah kamu mengetahui penyebab melasma?

 

Melasma

 

Banyak faktor yang menyebabkan melasma, beberapa di antaranya seperti:

  • Paparan sinar matahari
  • Penggunaan kosmetik
  • Hormonal
  • Dan faktor lainnya. 

 

Banyak yang menyebutkan bahwa melasma lebih banyak ditemui pada wanita, apakah hal tersebut benar adanya?

 

Pada wanita, lebih banyak yang menjadi faktor pemicu timbulnya melasma. Salah satunya adalah penggunaan kontrasepsi oral seperti pil kb.  Berdasarkan penelitian, penggunaan pil kb memicu timbulnya melasma karena terdapat hormon yang terkandung di dalam pil KB yaitu hormon estrogen dan progesteron. Estrogen berperan langsung pada melanosit sebagai salah satu reseptornya di kulit dan meningkatkan jumlah melanin dalam sel, sedangkan progesteron meningkatkan penyebaran melanin di dalam sel.

 

Pada pengguna kontrasepsi oral kombinasi setiap harinya akan terpapar oleh hormon estrogen dan progesteron sehingga semakin memacu proses melanosit serta meningkat penyebaran melanosit di dalam sel sehingga mempengaruhi timbulnya melasma.

(Sumber : Umborowati, M.A., Rahmadewi. 2014. Studi Retrospektif: Diagnosis dan Terapi Pasien Melasma. Periodical of Dermatology and Venereology)

 

Melasma memang tidak dapat diatasi dan dihilangkan secara instan, namun ada beberapa pilihan treatment yang efektif untuk menghilangkan melasma, salah satunya adalah Nd:YAG laser.  Finebeam adalah Nd:YAG laser berteknologi canggih yang dapat mengatasi melasma. Dilengkapi dengan 2 mode yaitu Q-switched dan Long Pulsed, finebeam dapat menjadi solusi untuk semua permasalahan kulitmu loh.

 

Finebeam